Siasat Memenangkan Pertempuran Bisnis

Kita perlu mengapa pesaing berani untuk menawarkan harga yang tertentu murah atau mahal. Dan kita juga perlu tahu seberapa lama penentuan harga yang kompetitif tersebut diberlakukan. Dengan mengetahui konten apa saja yang mereka buat, Anda bisa menentukan kualitas masing-masing konten yang mereka miliki serta membandingkannya dengan konten Anda.

Setiap segmen pasar memiliki mannequin pembelian, persaingan, dan lingkungan sendiri. Perspektif internal – mengukur bagaimana kualitas proses kegiatan inside bisnis secara keseluruhan mulai dari perencanaan, operasional, dan evaluasi. Pernahkah Anda setia dengan satu produk dan tidak ingin beralih ke produk lainnya karena dirasa produk tersebut lebih unggul dari segala aspek? Hal itu berarti menandakan produk tersebut memiliki keunggulan kompetitif atau keunggulan bersaing.

Analisa SWOT akan menjadi modal dasar dalam menentukan strategi apa yang terbaik dalam menjalankan bisnis. Mereka ibarat udara yang membuat bisnis kamu bisa tetap hidup dan bertahan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, kamu perlu mengetahui kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk. Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka secara tidak langsung kamu bisa merangkul konsumen menjadi lebih erat, sehingga konsumen bisa menjadi lebih loyal dan nyaman.

Sebelum Anda menerapkan berbagai strategi pemasaran, Anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan dampaknya untuk perusahaan Anda. Jangan sampai berbagai strategi yang sudah Anda pikirkan justru akan gagal karena tidak bisa berjalan secara maksimal. Nantinya, hal tersebut akan dilihat sebagai peluang oleh kompetitor Anda. Berbagai usaha yang sudah Anda lakukan sebelumnya tentunya akan memberikan hasil yang memuaskan, seperti hadirnya pelanggan setia yang selalu membeli produk dari Anda.

Mencari kelemahan kompetitor dalam bisnis

Ancaman ini berupa, produk pesaing yang lebih memberikan manfaat atau bahkan melakukan kampanye yang tidak sehat dalam persaingan. Dengan jumlah pesaing yang sedikit, bisnis yang akan Anda mulai memiliki kesempatan yang besar untuk menguasai pasar. Kompetitor yang berani melakukan hal licik, besar kemungkinan mereka tidak mengutamakan rasa puas pelanggannya, mereka hanya mengejar keuntungan semata saja. Ketika para pelanggan setia Anda menyadari hal tersebut, pastinya mereka akan kembali lagi untuk membeli produk Anda walaupun lebih mahal.

Pada intinya untuk menilai aktivitas inti bisnis, Anda menilai pencapaian produk yang Anda jual kemudian merinci komponen-komponen yang mempengaruhi kesuksesan produk tersebut. Dari kesesuaian produk dengan kebutuhan pasar, proses penjualannya, proses promosi hingga bahan bakunya. Analisa bisnis tidak hanya dilakukan terhadap usaha Anda sendiri, strategi bisnis akan lebih baik jika Anda juga menganalisis bisnis kompetitor. Tentunya dalam melakukan analisis bisnis Anda sebagai manajer atau pelaku bisnis memiliki kewajiban untuk melakukan analisis secara menyeluruh.

Riset survey dan wawancara secara berkelompok umumnya memberikan perspektif yang lebih mendalam dari sampel terbatas. Pesaing tersebut mencakup bisnis yang sejenis dengan Anda atau pun tidak dan berpotensi menghalangi calon pelanggan untuk memilih Anda. Gudang yang terorganisir dengan baik akan sangat menguntungkan bisnis.

Pahami ekosistem industri dan lasnkap space goal operasional dengan lebih baik, dan pelajari cara terbaik memposisikan Bisnismu untuk sukses. Modal kerja digunakan untuk menambah stok barang dagangan agar tercipta Persediaan Minimum Barang Dagangan untuk 2-3 hari pengiriman barang. Ketika sudah mengetahuinya, kalian bisa menerapkan hal tersebut dalam bisnis. Dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, maka kalian bisa selangkah lebih maju dari pesaing kalian, Sobat. Murah atau mahalnya harga yang ditawarkan oleh pesaing merupakan masalah bagi kita.

Informasi tentang kompetitor tidak langsung akan membantu Anda menemukan cara-cara efektif agar menjadi yang terdepan sesuai dengan bidang Anda. Untuk memahami kondisi keuangan perusahaan, Anda perlu tahu apa yang perlu dilihat dalam laporan keuangan Anda. Dari contoh di atas jika sumber daya yang dimiliki tidak mendukung goal perusahaan, maka perusahaan dianggap bekerja secara tidak efisien. Setelah ‘Mengapa’ analisis pesaing dijawab, proses berlanjut ke menentukan ‘siapa’ pesaing Anda. Sangat penting untuk mengetahui pesaing yang tepat dan memisahkan mereka untuk membandingkan datanya dengan benar.

Trungsanti