Suggestions Dan Trick Membangun Group Work Kerja Sama Tim Yang Baik Dan Benar Untuk Bisnis

Pemimpin dapat bersifat laksana Lautan , samudra itu bersifat luas, dapat memuat apa saja bahkan bisa untuk menampung segala benda. Seorang pemimpin hendaknya memiliki pandangan yang luas, sabar, artinya seorang pemimpin itu mampu menampung segala macam persoalan dan mampu mencari penyelesaian. Strategi kelima dengan cara Perundingan, strategi ini biasanya erat dengan hubungannya dengan sumber-sumber yang ada, sehingga akan menimbulkan persaingan antar kelompok yang berkepentingan dengan hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut maka sumber harus ditingkatkan, atau tuntutan dari pihak-pihak yang bersaing harus diturunkan, dengan mengadakan perundingan-perundingan. Strategi ketiga dengan cara Penyesuaian diri , dalam strategi ini paling tidak salah satu pihak yang terlibat konflik usahakan untuk menempatkan kepentingan pihak lain diatas kepentingan diri atau kelompoknya.

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menggunakan sistem pengelompokkan/tim kecil, yaitu antara empat sampai enam orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras atau suku yang berbeda . Efektifitas individu tentu akan mendukung efektifitas kelompok dan efektifitas kelompok akan mendukung efektifitas organisasi. Sehingga dengan begitu pencapaian tujuan organisasi bergantung kepada suatu efektifitas kelompok. Demikian juga dengan efektifitas kelompok yang bergantung dengan efektivitas individu. Dari dua definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya konflik itu adalah adanya dua kelompok yang saling bertentangan baik secara terbuka maupun latent . Konflik itu kadang-kadang merupakan suatu yang sangat perlu dalam suatu organisasi, tapi konflik yang bagaimana?

Jika melihat betapa pentingnya tim kerja yang stable dan handal, maka sangat wajar bila setiap perusahaan akan berupaya keras untuk memiliki tim kerja yang seperti ini. Komunikasi adalah faktor terpenting dalam tim, namun bukan berarti untuk mengadakan pertemuan tim sepanjang waktu. Kamu harus terbuka dalam menerima saran dan masukan, disaat diluar pertemuan maupun di luar lingkungan kerja. Kamu bisa mengajukan pertanyaan maupun bantuan pada anggota tim, agar komunikasi selau terjaga dan lancar. Kamu harus fokus pada cara-cara anggota tim dalam bekerjasama, dan kamu perlu mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi, rasa hormat, dan kepercayaan antar hubungan anggota tim. Seperti selalu menghimbau mereka untuk membantu pekerjaan teman yang belum selesai.

Kerja sama terkadang menjadi sebuah kegiatan yang masih banyak dihindari oleh beberapa orang di lingkungan pekerjaan. Namun, mengapa orang-orang tersebut masih mempertahankan sikap seperti itu? Padahal, banyak sekali keuntungan yang dapat diterima dari bekerja sama dalam satu tim, baik untuk diri seseorang dan juga organisasi. Tidak hanya menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas, tetapi kerjasama tim juga berarti anda bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah.

Membentuk suatu kelompok, dan tim untuk suatu pekerjaan

”Dasawisma adalah program dari TP-PKK untuk bercocok tanam di lahan pekarangan, beternak, dan membuat kerajinan tangan. Kami mewajibkan seluruh TP-PKK kecamatan, kelurahan, dan desa, untuk membentuk kelompok dasawisma,” ucap Ketua TP-PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong, Kamis (18/6). Disamping itu juga dilakukan penyuluhan pembinaan terkait program dasawisma, stunting, dan Covid-19. Dasawisma merupakan program kerja PKK mulai dari pusat sampai ke desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 kepala keluarga , yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga.

Dengan tergabung dalam suatu tim dapat mengincar cita-cita yang lebih tinggi karena pada prinsipnya apapun yang diraih seseorang individu, tim dapat meraih yang lebih besar, lebih cepat, lebih efektif. Dalam suatu organisasi diperlukan kinerja tim untuk meningkatkan performa suatu organisasi. Tidak selalu mencapai target sesuai dengan rencana, ini merupakan hal yang lumrah terjadi. Penting untuk selalu melakukan evaluasi secara berkala, agar berbagai kendala dan juga masalah di dalam tim bisa teratasi dengan baik. Tentu setiap orang mempunyai semangat pencapaian karir yang berbeda, maka akan lebih baik menyelaraskan ekspektasi dalam tim. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang mereka harapkan dari setiap kegiatan bekerja sama dalam tim.

Selain itu, peserta juga bisa memvisualisasikan goal, memantau waktu hingga menetapkan prioritas yang harus dicapai oleh tim. Kerja merupakan suatu darma yang sesuai dengan panggilan jiwa sehingga kita mampu bekerja dengan penuh integritas. Jadi, jika pekerjaan atau profesi disadari sebagai panggilan, kita bisa berucap pada diri sendiri, I’m doing my best!. Dengan begitu kita tidak akan merasa puas jika hasil karya kita kurang baik mutunya.

Trungsanti